- Back to Home »
- Artikel Pendidikan »
- Kompetensi Kepala Sekolah
Kepala Sekolah adalah Seorang Guru yang Super yang dijadikan sebagai ujung tombak pendidikan di sekolah yang bertanggung jawab dalam pengelolaan pendidikan serta melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Hal tersebut sesuai yang diamanatkan oleh UUD 195, UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan, dan 8 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional yang berisi tentang 8 Standar Nasional Pendidikan.
Di dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 dijelaskan bahwa, Kepala Sekolah harus memiliki lima standar kompetensi yaitu kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Kepala Sekolah / Madrasah yang memilik lima standar kompetensi tersebut akan mampu secara optimal merencanakan, merancang, memprogramkan, melaksanakan, dan mengevaluasi, serta mengadakan tindak lanjut untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas pengelolaan pendidikan yang telah dilaksanakannya. Pengelolaan pendidikan yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah harus didukung oleh kelengkapan berbagai jenis dan macam administrasi pendidikan yang tertib dan teratur untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan Sekolah. Tetapi kenyataan di lapangan adalah sebaliknya dari yang diharapkan di atas, beberapa tahun belakangan ini setelah diadakan penilaian akreditasi sekolah dan penilaian kinerja Kepala Sekolah dan pemerintah memperoleh hasil penilaian sangat memprihatinkan khususnnya hasil penilaian administrasi KepalaSekolah. Lebih dari 50 %Kepala Sekolah / Madrasah memahami dan memiliki administrasi sekolah tetapi tergolong kurang memahami dan kurang lengkap. Hal tersebut bukan lagi merupakan rahasia umum dan terjadi di seluruh wilayah Indonesia yang dapat dibuktikan secara langsung ke Sekolah-sekolah.
Disini penulis bukan ingin mengurui tetapi ingin Sharing kepada rekan-rekan kepala sekolah mengenai kompetensi seorang Kepala Sekolah .
Adapun Kompetensi Kepala Sekolah ada lima yaitu :
1. Kompetensi Kepribadian.
a) Berakhlak Mulia, mengembangkan budaya dan tradisiakhlak mulia, dan menjadi tauladan akhlak mulia bagi kumunitas di sekolah.
b) Memiliki integritas kepribadian sebagai pemimpin.
c) Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah.
d) Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi.
e) Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan.
2. Kompetensi Manajerial.
a) Menyusun perencanaan Sekolah untuk bergabai tingkatan perencanaan.
b) Mengembangkan organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan.
c) Memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolahsecara optimal.
d) Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajar yang efektif.
e) Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik.
f) Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunan sumber daya manusia secara optimal.
g) Mengelola sarana dan prasarana sekolahdalam rangka pendayagunaan secara optimal.
h) Mengelola hubungan sekolah dan masyaatrakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah.
i) Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik.
j) Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
k) Mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan dan efisien.
l) Mengelola ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
m) Mengelola layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelajaran pendidikan dan kegiatan peserta didik di sekolah.
n) Mengelola sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
o) Memanfaatkan kemajuan tekhnologi informasi Bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah.
p) Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolahdengan prosedur yang tepat.
3. Kompetensi Kewirausahaan.
a) Menciptakan Inovasi yang berguna basi pengembangan sekolah.
b) Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah.
c) Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah.
d) Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah.
e) Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah sebagai sumber belajar peserta didik
4. Kompetensi Supervisi.
a) Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
b) Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan tekhnik yang tepat.
c) Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionlitas guru.
5. Kompetensi Sosial
a) Bekerja sama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah.
b) Berpartisifasi dalam kegiatansosial kemasyarakatan
c) Memiliki kepekaan sosial terhadap oarang atau kelompok lain.
Sudahkah Bapak/Ibu Kepala Sekolah Memiliki Kelima Kompetensi ini......?
Kalau Belum...............!!!!!!!!!!! (Sing) Mau Di bawa Kemana Pendidikan Kita............