SD Swasta Dakwatul Islam Jln.Besar Biru-Biru Desa Mbaruai Kec.Biru-Biru, Deli Serdang
Posted by : Anom Wednesday 24 April 2013

Anak tidak ada yang bandel, kata bandel itu mungkin dari kita saja. bandel yang dimaksud mungkin anak itu aktif dan bahkan terlalu aktif, sampai-sampai kita tidak bisa menanganinya. anak aktif itu bisa dikatakan aktif karena mereka mempunyai energi yang berlebih didalam tubuhnya, sehingga jika kita memberikan pembelajaran yang hanya menjelaskan dan mengerjakan soal maka energi besar yang mereka punya belum habis, untuk itu biasakan sebelum mulai pembelajaran ajak anak untuk belajar sambil bermain. buat pembelajaran yang aktif agar anak tersebut terlibat dalam aktifitas.

mengatasi anak didik yang bandel atau susah diatur merupakan hal yang terkait dalam hal classroom management/manajemen kelas. tentunya dalam satu kelas tergabung beragam karakter dan perilaku yang majemuk pula. bila dihadapkan pada siswa yang sulit diatur, maka sebagai seorang pendidik harus mencari solusi agar anak tersebut bisa ikut aturan main yang telah diberlakukan.

Anak-anak bandel itu hal wajar, tetapi seorang guru jangan sampai melebel anak itu 'nakal' atau 'bandel'. Berikan sikap penerimaan terhadap perasaanya dan berikan kesabaran terbaik. Perilaku anak seperti itu bisa jadi adalah bentuk kreatifitasnya yg belum terarah.

 beberapa hal yang bisa dijadikan solusi, diantaranya:

1. perlakukan siswa tersebut sama seperti siswa yang lain

2. amati sikap dan tingkah lakunya dan jangan segan untuk terus menegurnya apabila dia bersikap tak acuh dalam belajar

3. tetap pantau hasil kerjanya, kadangkala ada siswa yang pada saat guru menerangkan dia asyik dengan kegiatannya sendiri, namun disaat diminta untuk mengerjakan soal/latihan, dia bisa mengerjakannya

4. jika perlu, ajak anak tersebut bicara dari hati ke hati karena mungkin saja dia adalah satu dari antara siswa yang mengalami krisis perhatian, apakah dari lingkungan keluarga maupun antar sesama rekan bermainnya

5. diberi porsi perhatian yang lebih agar dia merasa ada dan dihargai juga oleh gurunya. siswa yang nakal jangan diasingkan, terlebih kalau misalnya ia diberi hukuman fisik.

6. sabar dan terus berusaha untuk menciptakan nuansa kelas yang bervariasi sehingga para peserta

 didik tidak bosan, dan coba libatkan anak-anak yang susah diatur tersebut untuk ikut andil dalam mengatur kelas.(disarikan dari berbagai forum)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Dakwatul Islam -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -