SD Swasta Dakwatul Islam Jln.Besar Biru-Biru Desa Mbaruai Kec.Biru-Biru, Deli Serdang
Posted by : Anom Sunday 28 April 2013

Dalam monitoring yang dilakukan sejak 2010, ditemukan kecenderungan bahwa Kepala Sekolah Dasar mengalami penurunan rasa percaya diri. Hal demikian terjadi lantaran pemantauan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah oleh pihak luar.

“Tekanan BOS begitu tinggi, percaya diri mereka menurun karena didatangi oleh LSM dan wartawan,” ujar Dhany Hamidan Khoir, S.T., M.A, staf Subdit Program Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, saat menerima kunjungan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, di Ruang Sidang Gedung E lantai 5, Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta, Selasa, 19 Februari 2013.

Pemantauan pihak luar, tambah Dhany, dirasa berlebihan. Kepala Sekolah merasa terbebani dengan adanya laporan-laporan yang berkembang di masyarakat. Sementara tugas utama mereka meningkatkan mutu anak didik dan memantau manajerial guru-guru rawan terbengkalai. “Bahkan, tidak sungkan-sungkan, orangtua murid mengadukan permasalahan kapur yang diminta dari siswa,” ucapnya. “Kadang hal-hal kecil diangkat ke permukaan.”
 
Tentu saja kondisi ini kontraproduktif. Tujuan semula ingin meningkatkan tata kelola yang baik, rasa percaya diri kepala sekolah justru menurun. Namun Dhany melihat persoalan itu tak sekadar disebabkan pemantauan penggunaan BOS yang berlebihan. “Ternyata lembaga Tata Usaha di tingkat SD sangat minim, bahkan kadang-kadang yang lama hilang,” jelasnya. Akhirnya, segala persoalan administratif ditangani langsung oleh kepala sekolah.Sumber

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Dakwatul Islam -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -